Nama Satuan Pendidikan | : SMP Negeri 1 Pringapus |
Kelas | : VIII (Delapan) |
Tema Kegiatan | : Aku Cinta Indonesia |
Alokasi Waktu | : 170 JP |
Lokasi Kegiatan | : Lingkungan Sekolah, Rumah, dan Bumi Perkemahan |
1. Kewargaan
2. Kemandirian
3. Kreativitas
4. Penalaran kritis
5. Kesehatan
Pembelajaran Berbasis Projek
a. Menganalisis dampak sampah daun terhadap kesehatan dan pencemaran lingkungan
b. Eksperimen pembuatan bubur kertas dari sampah daun kering dengan teknik pulping
Lingkungan belajar yang dipilih betujuan untuk menumbuhkan rasa bangga murid terhadap
kemerdekaan yang telah diraih, kecintaan terhadap budaya bangsa, menjaga kesehatan, dan menjaga
lingkungan dengan melakukan aksi nyata dan pembiasaan pola hidup sehat.
1. Lingkungan fisik : lingkungan sekolah, rumah, dan bumi perkemahan
2. Lingkungan sosial : Interaksi antara murid dengan (1) murid; (2 guru; (3) orangtua; (4) Pembina
Pramuka; dan (5) TNI.
3. Lingkungan psikologis : suasana belajar yang nyaman di sekolah dan luar sekolah
1. Kolaborasi Guru Mata Pelajaran :
a. Pendidikan Pancasila;
b. IPS;
c. Bahasa Indonesia;
d. Seni Budaya;
e. Informatika;
f. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti;
g. Pendidikan Jasmani dan Olahaga dan
h. Bimbingan dan Konseling.
2. Pembina Pramuka
3. TNI
4. Orangtua
1. Laptop
2. Handphone
3. Infocus
4. Video
5. Canva
6. Powerpoint
No | Aktivitas | Bentuk | Jadwal Pelaksanaan | Alokasi Waktu |
1. | Semarak HUT RI | Kolaborasi Lintas Mapel | 19-21 Agustus 2025 | 24 JP |
2. | Tamanisasi Kelas | Cara Lainnya | 10-12 September 2025 | 24 JP |
3. | Pengelolaan Sampah Cara Lainnya | Cara Lainnya | 19-21 September 2025 | 24 JP |
4. | Pembiasaan (Berdoa, Ibadah, Makan Bergizi, dan Senam Anak Indonesia Hebat) | Gerakan 7 KAIH | 17-19 Oktober 2025 | 62 JP |
5. | Kemah Bhakti Penggalang | Cara Lainnya | 31 Oktober – 2 November 2025 | 36 JP |
Minggu | Tanggal | Aktivitas | Uraian Kegiatan | Alokasi Waktu |
Minggu 1 | 19-21 Agustus 2025 | Semarak HUT RI |
Hari ke – 1 (19 Agustus 2025)1. Sosialisasi Project Based Learning Hari ke-2 (20 Agustus 2025)1. Praktik melafalkan teks proklamasi dan UUD 1945 Hari ke-3 (21 Agustus 2025)1. Melanjutkan pembuatan video dokumenter proklamasi Indonesia |
24 JP |
Minggu 2 | 10-12 September 2025 | Tamanisasi Kelas |
Hari ke- 1 (10 September 2025)1. Penjelasan tentang tamanisasi Hari ke-2 (11 September 2025)1. Mengolah tanah atau lahan untuk persiapan penanaman Hari ke-3 (12 September 2025)1. Melanjutkan kegiatan hari ke-2 |
24 JP |
Minggu 3 | 19-21 September 2025 | Pengelolaan Sampah Cara Lainnya |
Hari ke-1 (19 September 2025)1. Penjelasan tentang pengelolaan sampah kering di lingkungan sekitar Hari ke-2 (20 September 2025)1. Membuat pola atau desain Hari ke-3 (20 September 2025)1. Menyelesaikan pembuatan miniatur rumah adat dan/atau candi 3. Evaluasi kegiatan |
24 JP |
Minggu 4 | 17-19 Oktober 2025 | Gerakan 7 KAIH |
Hari ke -1 (17 Oktober 2025)1. Penjelasan tentang Gerakan 7 KAIH Hari ke -2 (18 Oktober 2025)1. Membaca Asmaul Husna Hari ke-3 (19 Oktober 2025)1. Membaca Asmaul Husna Bersama |
62 JP |
MInggu 5 | 31 Oktober – 2 November 2025 | Kemah Bhakti Penggalang | Kegiatan menyesuaikan proposal kegiatan Kemah Bhakti Penggalang Kelas VIII | 48 JP |
1. Asesmen Formatif : Teknik observasi dengan instrumen catatan anekdotal
Catatan Pencapaian Dimensi Profil Lulusan
Nama Murid | Catatan Guru | ||||
Kewargaan | Kemandirian | Penalaran Kritis |
Kreativitas | Kesehatan | |
Hasil Rekap Jurnal Gerakan 7 KAIH
Nama Murid |
Membaca Doa Harian |
Salat Duhur Berjamaah |
Makan Bergizi | Senam AIH | ||||
Belum Terbiasa |
Terbiasa | Belum Terbiasa |
Terbiasa | Belum Terbiasa |
Terbiasa | BelumTerbiasa Terbiasa |
||
2. Asesmen Sumatif : Penilaian kinerja dengan instrumen rubrik
Tinggalkan Komentar