
Bangunlah Jiwa Raganya Tema P5 Kelas IX di SMP Negeri 1 Pringapus Semester 1 Tahun Pelajaran 2024/2025.
Latar Belakang Projek
Pelajar Indonesia bukan hanya baik dalam kegiatan intrakulikuler dan ekstrakuliker. Namun, seiring dengan perjalanan pendidikannnya, peserta didik dapat membangun karakter dan mengembangkan nilai-nilai Pancasila. Selain itu, mereka dapat mengintegrasikannya dalam setiap kegiatan yang mereka lakukan. Tema projek merupakan salah satu dari tujuh tema dalam Naskah Profil Pelajar Pancasila. Selanjutnya sekolah memilih tema “Bangunlah Jiwa dan Raganya” dengan topik “Sehat Jiwa dan Ragaku”. Projek dapat membentuk peserta didik dengan karakter Pancasila dan ketahanan diri yang kuat. Hal itu sesuai dengan keseimbangan olah rasa, olah pikir, olah raga dan olah karsa oleh Ki Hadjar Dewantara.
Tujuan Projek
Adapun tujuan dari projek ini adalah sekolah, guru, dan murid mengerti pentingnya kesejahteraan. Terutama dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Selain itu, projek dengan metode student-centered ini menghasilkan banyak hal positif yang berguna untuk diri mereka sendiri dan orang di sekitar mereka. Terutama baik kesehatan mental maupun kesehatan fisiknya. Pada akhirnya mereka dapat mengajak orang lain untuk menyadari dan menjaga kesehatan mental mereka.
Dimensi dan Elemen P5
Dimensi | Elemen | Subelemen | Target Pencapaian |
Mandiri | Pemahaman diri dan situasi | Mengenali kualitas dan minat diri serta tantangan yang dihadapi | Membuat penilaian yang realistis terhadap kemampuan dan minat, serta prioritas pengembangan diri berdasarkan pengalaman belajar dan aktivitas lain yang dilakukannya |
Gotong Royong | Kolaborasi | Kerja sama | Menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitar, serta memberi semangat kepada orang lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan bersama. |
Kreatif | Menghasilkan gagasan yang orisinal | menghasilkan gagasan yang orisinal | menghubungkan gagasan yang ia miliki dengan informasi atau gagasan baru untuk menghasilkan kombinasi gagasan baru dan imaginatif untuk mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya |
Tahapan Projek
Selanjutnya, projek melalui empat tahap yaitu tahap pengenalan, kontekstualisasi, aksi, dan tindak lanjut.
Tahap Pengenalan : Siswa dapat memahami tentang pentingnya menjaga jiwa dan raganya Bentuk kegiatan :
a. Penjelasan umum mengenai projek Bangun lah jiwa dan raganya oleh Tim Projek.
b. Pembagian kelompok kerja dalam rangka kolaborasi
c. Penyusunan proposal projek.
Baca Juga
P5 Kelas VII Topik Pengolahan Bahan Pangan dan Tanaman Herbal