
Modul P5 Tema Rekayasa dan Teknologi SMP Negeri 1 Pringapus Tahun 2023
Smp1pringapus.sch.id. Berikut ini adalah Modul Projek Penguatan Profil Pejalar Pancasila (P5) Tema Rekayasa dan Teknologi SMP Negeri 1 Pringapus Tahun 2023.
P5 denganTema Rekayasa dan Teknologi ini mengambil Topik Topik “Pemanfaatan Air Bleng Alami Alami Dusun Kaliulo Sebagai Bahan Tambahan Aneka Makanan”. Projek Profil ini dilaksanakan pada Semester 1 Tahun Ajaran 2023/2024 untuk peserta didik kelas VII (tujuh).
Berikut adalah dimensi, elemen, dan sub elemen pada Modul P5 Tema Rekayasa dan Teknologi Fase D
Elemen | Sub Elemen | Target Pencapaian | |
Bergotong Royong | Kolaborasi | Kerjasama | Menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitar, serta memberi semangat kepada orang lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan bersama. |
Bernalar Kritis | Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan |
Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan |
Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan menganalisis informasi yang relevan serta memprioritaskan beberapa gagasan tertentu. |
Kreatif | Menghasilkan karya |
Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal |
Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya dalam bentuk karya dan/atau tindakan, serta mengevaluasinya dan mempertimbangkan dampaknya bagi orang lain |
Rubrik Asemen
Dimensi Bergotong Royong
Sub-Elemen | Belum Berkembang |
Mulai Berkembang |
Berkembang Sesuai Harapan |
Sangat Berkembang |
Berkolaborasi | Menunjukkan ekspektasi (harapan) positif kepada orang lain dalam rangka mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitar masyarakat (sekolah dan rumah) |
Menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitar serta memberi semangat kepada orang lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan bersama |
Membangun tim dan mengelola kerjasama untuk mencapai tujuan bersama sesuai dengan target yang sudah ditentukan. |
Membangun tim dan mengelola kerjasama untuk mencapai tujuan bersama sesuai dengan target yang sudah ditentukan. |
Dimensi Bernalar Kritis
Sub-Elemen | Belum Berkembang | Mulai Berkembang | Berkembang Sesuai Harapan |
Sangat Berkembang |
Mengidentifikasi, mengklarifikasi dan mengolah informasi dan gagasan |
Mengumpulkan, mengklasifikasikan, membandingkan dan memilih informasi dan gagasan dari berbagai sumber. |
Mengumpulkan, mengklasifikasikan, membandingkan, dan memilih informasi dari berbagai sumber, serta memperjelas informasi dengan bimbingan orang dewasa |
Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan menganalisis informasi yang relevan serta memprioritaskan beberapa gagasan tertentu |
Secara kritis mengklarifikasi sertamenganalisis gagasan dan informasiyang kompleks dan abstrak dariberbagai sumber. Memprioritaskan suatu gagasan yang paling relevan dari hasil klarifikasi dan analisis |
Dimensi Kreatif
Sub-Elemen | Belum Berkembang |
Mulai Berkembang |
Berkembang Sesuai Harapan |
Sangat Berkembang |
Menghasilkan gagasan yang orisinal |
Memunculkan gagasan imajinatif baru yang bermakna dari beberapa gagasan yang berbeda sebagai ekspresi pikiran dan/atau perasaannya. |
Mengembangkan gagasan yang ia miliki untuk membuat kombinasi hal yang baru dan imajinatif untuk mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya |
Menghubungkan gagasan yang ia miliki dengan informasi atau gagasan baru untuk menghasilkan kombinasi gagasan baru dan imajinatif Untuk mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya |
Menghasilkan gagasan yang beragam untuk mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya, menilai gagasannya, serta memikirkan segala risikonya dengan mempertimbangkan banyak perspektif seperti etika dan nilai kemanusiaan ketika gagasannya direalisasikan |
A. Rasional
Kaliulo merupakan salah satu dusun di Desa Klepu, Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang. Di dusun kaliulo terdapat salah satu sumber daya alam yang cukup terkenal yaitu air Bleng Kaliulo.
Air Bleng kaliulo mengandung belerang. Belerang adalah unsur kimia yang memiliki lambang S dengan nomor atom 16, dihasilkan dari proses vulkanisme dengan bentuk nonmetal yang tidak berasa dan multivalensi.
Belerang dalam bentuk aslinya adalah sebuah zat padat kristalin kuning dengan sifat fisik berbentuk kristal berwarna kuning, kuning kegelapan dan kehitam-hitaman karena pengaruh unsur pengotornya.
Oleh masyarakat sekitar, bleng dimanfaatkan sebagai bahan tambahan dalam pembuatan makanan tradisional berbahan nasi, seperti gendar, karak (kerupuk beras), lontong , dan ketupat.
Pemanfaatan Air Bleng Dusun Kaliulo Menjadi salah satu projek yang menarik untuk dilakukan sebagai aktivitas pembelajaran berbasis rekayasa dan teknologi untuk membentuk Profil Pelajar Pancasila.
B. Tujuan Projek
Tujuan khusus dari projek yang dilaksanakan ini adalah terjadinya perubahan dan penguatan karakter murid, khususnya pada dimensi gotong royong, bernalar kritis, dan kreatif.
Sedangkan tujuan pada projek ini adalah bentuk kontekstualisasi dari target yang ingin dicapai melalui projek ini, sebagai berikut.
1. Membangun kesadaran kolektif murid untuk bekerja secara efektif dan mencapai tujuan bersama.
2. Melahirkan karakter murid yang menjunjung tinggi nilai-nilai kerjasama, dan gotong royong.
3. Meningkatkan kemampuan murid dalam mengeksplorasi dan mengeskpresikan pikiran dalam bentuk hasil olahan makanan.
C. Tahapan Projek
1. Tahap Pengenalan
Bentuk Kegiatan:
a. Penjelasan umum mengenai Projek Profil Pemanfaatan Air Bleng dusun Kaliulo sebagai bahan tambahan aneka makanan oleh Tim Projek dan narasumber.
b, Pembagian kelompok kerja dalam rangka kolaborasi
c. Study literatur dalam rangka menambah wawasan mengenai pemanfaatan air bleng dusun Kaliulo sebagai bahan tambahan aneka masakan,
d. Menyusun pedoman wawancara digunakan saat berkunjung ke sumber air bleng.
Baca : Gelar Karya P5 SMP Negeri 1 Pringapus Tahun 2023 Tema Rekayasa dan Teknologi
2. Tahap Kontekstualisasi
Bentuk Kegiatan
a. Menggali informasi kaitannya dengan pengembangan pemanfaatan air bleng dusun Kaliulo sebagai bahan tambahan aneka makanan baik di lingkungan sekitar, membaca buku, maupun dari internet,
b. Kunjungan ke sumber air bleng dusun Kaliulo.
c. Penjelasan dan pembuatan proposal
d. Iderasi, pembuatan teks prosedur dan mind mapping mengenai pemanfaatan air bleng dusun Kaliulo sebagai bahan tambahan aneka makanan.
e. Persiapan alat dan bahan pembuatan aneka makanan dengan bahan tambahan air bleng.
3. Tahap Aksi
Pelaksanaan pembuatan Makanan dan Minuman dengan tambahan Air Bleng Alami Dusun Kaliulo
Bentuk Kegiatan :
a. Unjuk kerja pembuatan makanan dengan tambahan air bleng alami dusun Kaliulo secara berkelompok.
b. Perbaikan rasa pada pembuatan makanan dengan tambahan air bleng alami dusun Kaliulo
c. Penyajian dan Teknik pengemasan pada hasil olahan makanan dengan tambahan air bleng alami dusun Kaliulo.
d. Perayaan, dimana hasil olahan akan dibagikan kepada semua anggota kelompok dan juga bapak/ibu guru, karyawan dan juga teman-teman kelas lain sebagai hasil perayaan pembuatan makanan dengan tambahan air bleng alami dusun Kaliulo.
4. Tahap Refleksi dan Tindak Lanjut
Menumbuhkan kemampuan dan minat murid di bidang rekayasa dan teknologi melalui cara dan proses pembuatan makanan dan minuman dengan bahan tambahan air bleng alami dusun Kaliulo.
Bentuk kegiatan :
a. Pembuatan poster hasil olahan makanan
b. Refleksi kegiatan dalam bentuk tanya jawab
c. Penyusunan Laporan Projek (Asesmen Sumatif) dalam bentuk video dan laporan tertulis.
D. Cara Penggunaan Modul
Projek dilaksanakan melalui 12 (dua belas) kali pertemuan dengan tiap pertemuan 10 Jam Pelajaran (JP). Dengan demikian total durasi pertemuan untuk prohek ini adalah 120 JP.
Di dalam projek ini, Penguatan Profil Pelajar Pancasila dilakukan melalui 4 (empat) tahap, yaitu pengenalan, kontekstualisasi, aksi, dan refleksi dan tindak lanjut.
Model pengajaran dalam projek ini adalah active learning, sehingga guru bertindak sebagai fasilitator dan lebih menekankan pada interaksi dan kerjasama murid.
Catatan bagi Fasilitator :
1. Pastikan setiap aktivitas yang dilakukan mendukung tercapainya tujuan projek, yaitu empat sub-elemen dan kompetensi Profil Pelajar Pancasila seperti yang telahdiuraikan.
2. Untuk keperluan riset murid, pastikan murid mengambil rujukan dari sumber resmi. Apabila mengambil dari internet, pastikan dari website terpercaya, misalnya dari institusi pendidikan resmi atau dari media yang kredibel.
3. Jumlah 120 JP dalam pelaksanaan projek ini sudah disesuaikan dengan kebutuhan alokasi waktu projek.
4. Pelaksanaan projek ini sudah disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi di sekolah dengan tetap mengacu pada tercapainya Profil Pelajar Pancasila.
Baca : Modul P5 SMP Negeri 1 Pringapus Batik Ciprat Sibory
Modul P5 Tema Rekayasa dan Teknologi SMP Negeri 1 Pringapus Tahun 2023 selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan berikut ini.
Demikian Modul P5 Tema Rekayasa dan Teknologi SMP Negeri 1 Pringapus Tahun 2023. Semoga bermanfaat.