Modul P5 Tema Rekayasa dan Teknologi SMP Negeri 1 Pringapus Tahun 2023

Modul P5 Tema Rekayasa dan Teknologi SMP Negeri 1 Pringapus Tahun 2023

Smp1pringapus.sch.id. Berikut ini adalah Modul Projek Penguatan Profil Pejalar Pancasila (P5) Tema Rekayasa dan Teknologi SMP Negeri 1 Pringapus Tahun 2023.

P5 denganTema Rekayasa dan Teknologi ini mengambil Topik Topik “Pemanfaatan Air Bleng Alami Alami Dusun Kaliulo Sebagai Bahan Tambahan Aneka Makanan”. Projek Profil ini dilaksanakan pada Semester 1 Tahun Ajaran 2023/2024 untuk peserta didik kelas VII (tujuh).

Berikut adalah dimensi, elemen, dan sub elemen pada Modul P5 Tema Rekayasa dan Teknologi Fase D

Elemen  Sub Elemen Target Pencapaian
Bergotong Royong Kolaborasi Kerjasama Menyelaraskan tindakan
sendiri dengan tindakan
orang lain untuk
melaksanakan kegiatan dan
mencapai tujuan kelompok
di lingkungan sekitar, serta
memberi semangat kepada
orang lain untuk bekerja
efektif dan mencapai tujuan
bersama.
Bernalar Kritis Memperoleh
dan memproses
informasi dan
gagasan
Mengidentifikasi,
mengklarifikasi,
dan mengolah
informasi dan
gagasan
Mengidentifikasi,
mengklarifikasi, dan
menganalisis informasi
yang relevan serta
memprioritaskan
beberapa gagasan
tertentu.
Kreatif Menghasilkan
karya
Menghasilkan
karya dan
tindakan yang
orisinal
Mengeksplorasi dan
mengekspresikan pikiran
dan/atau perasaannya
dalam bentuk karya
dan/atau tindakan, serta
mengevaluasinya
dan mempertimbangkan
dampaknya bagi orang
lain

Rubrik Asemen

Dimensi Bergotong Royong

Sub-Elemen Belum
Berkembang
Mulai
Berkembang
Berkembang
Sesuai
Harapan
Sangat
Berkembang
Berkolaborasi  Menunjukkan
ekspektasi
(harapan)
positif kepada
orang lain
dalam rangka
mencapai
tujuan
kelompok di
lingkungan
sekitar
masyarakat
(sekolah
dan rumah)
Menyelaraskan
tindakan sendiri
dengan
tindakan orang
lain untuk
melaksanakan
kegiatan dan
mencapai
tujuan
kelompok
di lingkungan
sekitar serta
memberi
semangat
kepada orang
lain untuk
bekerja efektif
dan mencapai
tujuan
bersama
Membangun
tim dan
mengelola
kerjasama
untuk
mencapai
tujuan
bersama
sesuai
dengan target
yang
sudah
ditentukan.
Membangun
tim dan
mengelola
kerjasama
untuk
mencapai
tujuan
bersama
sesuai
dengan target
yang
sudah
ditentukan.

Dimensi Bernalar Kritis

Sub-Elemen Belum Berkembang Mulai Berkembang Berkembang
Sesuai Harapan
Sangat
Berkembang
Mengidentifikasi,
mengklarifikasi
dan
mengolah
informasi dan
gagasan
Mengumpulkan,
mengklasifikasikan,
membandingkan
dan memilih
informasi dan
gagasan dari
berbagai sumber.
Mengumpulkan,
mengklasifikasikan,
membandingkan,
dan memilih
informasi dari
berbagai
sumber, serta
memperjelas
informasi dengan
bimbingan
orang dewasa
Mengidentifikasi,
mengklarifikasi,
dan
menganalisis
informasi
yang relevan
serta
memprioritaskan
beberapa
gagasan
tertentu
Secara kritis
mengklarifikasi
sertamenganalisis
gagasan
dan
informasiyang
kompleks
dan abstrak
dariberbagai
sumber.
Memprioritaskan
suatu gagasan
yang paling
relevan dari hasil
klarifikasi dan
analisis

Dimensi Kreatif

Sub-Elemen  Belum
Berkembang
Mulai
Berkembang
Berkembang
Sesuai Harapan
Sangat Berkembang
Menghasilkan
gagasan yang
orisinal
Memunculkan
gagasan
imajinatif
baru yang
bermakna
dari beberapa
gagasan yang
berbeda
sebagai
ekspresi
pikiran
dan/atau
perasaannya.
Mengembangkan
gagasan yang ia
miliki
untuk membuat
kombinasi hal
yang
baru dan
imajinatif
untuk
mengekspresikan
pikiran dan/atau
perasaannya
Menghubungkan
gagasan yang ia
miliki dengan
informasi atau
gagasan baru
untuk
menghasilkan
kombinasi
gagasan baru dan
imajinatif
Untuk
mengekspresikan
pikiran dan/atau
perasaannya
Menghasilkan
gagasan
yang beragam
untuk
mengekspresikan
pikiran
dan/atau
perasaannya,
menilai gagasannya,
serta
memikirkan segala
risikonya
dengan
mempertimbangkan
banyak perspektif
seperti etika
dan nilai
kemanusiaan ketika
gagasannya
direalisasikan

A. Rasional

Kaliulo merupakan salah satu dusun di Desa Klepu, Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang. Di dusun kaliulo terdapat salah satu sumber daya alam yang cukup terkenal yaitu air Bleng Kaliulo.

Air Bleng kaliulo mengandung belerang. Belerang adalah unsur kimia yang memiliki lambang S dengan nomor atom 16, dihasilkan dari proses vulkanisme dengan bentuk nonmetal yang tidak berasa dan multivalensi.

Belerang dalam bentuk aslinya adalah sebuah zat padat kristalin kuning dengan sifat fisik berbentuk kristal berwarna kuning, kuning kegelapan dan kehitam-hitaman karena pengaruh unsur pengotornya.

Oleh masyarakat sekitar, bleng dimanfaatkan sebagai bahan tambahan dalam pembuatan makanan tradisional berbahan nasi, seperti gendar, karak (kerupuk beras), lontong , dan ketupat.

Masyarakat lebih memilih meggunakan air bleng Kaliulo untuk bahan tambahan pangan dibandingkan boraks yang dibeli dipasar, karena makanan yang dihasilkan teksturnya lembut, lebih kenyal, gurih, dan tahan lama.

Pemanfaatan Air Bleng Dusun Kaliulo Menjadi salah satu projek yang menarik untuk dilakukan sebagai aktivitas pembelajaran berbasis rekayasa dan teknologi untuk membentuk Profil Pelajar Pancasila.

Pada Projek ini, air Bleng Kaliulo tidak hanya akan dijadikan bahan tambahan pembuatan gendar saja tetapi akan dimanfaatkan sebagai bahan tambahan pengolahan makanan yang lebih bervariatif, yaitu air bleng Kaliulo akan dijadikan bahan tambahan pada pengolahan makanan dan minuman seperti lepet ketan, Kerupuk Gendar, dan mie dengan tetap memperhatikan batas aman penggunaan air bleng agar tidak mengganggu kesehatan.

B. Tujuan Projek

Tujuan khusus dari projek yang dilaksanakan ini adalah terjadinya perubahan dan penguatan karakter murid, khususnya pada dimensi gotong royong, bernalar kritis, dan kreatif.

Sedangkan tujuan pada projek ini adalah bentuk kontekstualisasi dari target yang ingin dicapai melalui projek ini, sebagai berikut.

1. Membangun kesadaran kolektif murid untuk bekerja secara efektif dan mencapai tujuan bersama.

2. Melahirkan karakter murid yang menjunjung tinggi nilai-nilai kerjasama, dan gotong royong.

3. Meningkatkan kemampuan murid dalam mengeksplorasi dan mengeskpresikan pikiran dalam bentuk hasil olahan makanan.

4. Menumbuhkan kemampuan, minat, dan pengembangan diri di bidang rekayasa dan teknologi.

C. Tahapan Projek

Secara garis besar, projek dijalankan melalui empat tahap, yaiutu tahap pengenalan, kontektualisasi, aksi, dan tindak lanjut.

1. Tahap Pengenalan

Bentuk Kegiatan:

a. Penjelasan umum mengenai Projek Profil Pemanfaatan Air Bleng dusun Kaliulo sebagai bahan tambahan aneka makanan oleh Tim Projek dan narasumber.

b, Pembagian kelompok kerja dalam rangka kolaborasi

c. Study literatur dalam rangka menambah wawasan mengenai pemanfaatan air bleng dusun Kaliulo sebagai bahan tambahan aneka masakan,

d. Menyusun pedoman wawancara digunakan saat berkunjung ke sumber air bleng.

Baca : Gelar Karya P5 SMP Negeri 1 Pringapus Tahun 2023 Tema Rekayasa dan Teknologi

2. Tahap Kontekstualisasi

Bentuk Kegiatan

a. Menggali informasi kaitannya dengan pengembangan pemanfaatan air bleng dusun Kaliulo sebagai bahan tambahan aneka makanan baik di lingkungan sekitar, membaca buku, maupun dari internet,

b. Kunjungan ke sumber air bleng dusun Kaliulo.

c. Penjelasan dan pembuatan proposal

d. Iderasi, pembuatan teks prosedur dan mind mapping mengenai pemanfaatan air bleng dusun Kaliulo sebagai bahan tambahan aneka makanan.

e. Persiapan alat dan bahan pembuatan aneka makanan dengan bahan tambahan air bleng.

3. Tahap Aksi

Pelaksanaan pembuatan Makanan dan Minuman dengan tambahan Air Bleng Alami Dusun Kaliulo

Bentuk Kegiatan :

a. Unjuk kerja pembuatan makanan dengan tambahan air bleng alami dusun Kaliulo secara berkelompok.

b. Perbaikan rasa pada pembuatan makanan dengan tambahan air bleng alami dusun Kaliulo

c. Penyajian dan Teknik pengemasan pada hasil olahan makanan dengan tambahan air bleng alami dusun Kaliulo.

d. Perayaan, dimana hasil olahan akan dibagikan kepada semua anggota kelompok dan juga bapak/ibu guru, karyawan dan juga teman-teman kelas lain sebagai hasil perayaan pembuatan makanan dengan tambahan air bleng alami dusun Kaliulo.

4. Tahap Refleksi dan Tindak Lanjut

Menumbuhkan kemampuan dan minat murid di bidang rekayasa dan teknologi melalui cara dan proses pembuatan makanan dan minuman dengan bahan tambahan air bleng alami dusun Kaliulo.

Bentuk kegiatan :

a. Pembuatan poster hasil olahan makanan

b. Refleksi kegiatan dalam bentuk tanya jawab

c. Penyusunan Laporan Projek (Asesmen Sumatif) dalam bentuk video dan laporan tertulis.

D. Cara Penggunaan Modul

Projek dilaksanakan melalui 12 (dua belas) kali pertemuan dengan tiap pertemuan 10 Jam Pelajaran (JP). Dengan demikian total durasi pertemuan untuk prohek ini adalah 120 JP.

Di dalam projek ini, Penguatan Profil Pelajar Pancasila dilakukan melalui 4 (empat) tahap, yaitu pengenalan, kontekstualisasi, aksi, dan refleksi dan tindak lanjut.

Model pengajaran dalam projek ini adalah active learning, sehingga guru bertindak sebagai fasilitator dan lebih menekankan pada interaksi dan kerjasama murid.

Di dalam mengaktualisasikan keseluruhan pemahaman yang diberikan Kepada murid, di akhir  projek murid diminta menyusun Laporan Pemanfaatan Air Bleng Alami.

Catatan bagi Fasilitator :

1. Pastikan setiap aktivitas yang dilakukan mendukung tercapainya tujuan projek, yaitu empat sub-elemen dan kompetensi Profil Pelajar Pancasila seperti yang telahdiuraikan.

2. Untuk keperluan riset murid, pastikan murid mengambil rujukan dari sumber resmi. Apabila mengambil dari internet, pastikan dari website terpercaya, misalnya dari institusi pendidikan resmi atau dari media yang kredibel.

3. Jumlah 120 JP dalam pelaksanaan projek ini sudah disesuaikan dengan kebutuhan alokasi waktu projek.

4. Pelaksanaan projek ini sudah disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi di sekolah dengan tetap mengacu pada tercapainya Profil Pelajar Pancasila.

Baca : Modul P5 SMP Negeri 1 Pringapus Batik Ciprat Sibory

Modul P5 Tema Rekayasa dan Teknologi SMP Negeri 1 Pringapus Tahun 2023 selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan berikut ini.

Unduh

Demikian Modul P5 Tema Rekayasa dan Teknologi SMP Negeri 1 Pringapus Tahun 2023. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *