Sistem Komputer Informatika Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka

Sistem Komputer Informatika Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka

Sistem Komputer Informatika Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka

Smp1pringapus.sch.id  Sistem Komputer Informatika merupakan salah satu materi pembelajaran TIK untuk kelas 8 SMP/MTs pada Kurikulum Merdeka. Di dalam Sistem Komputer Informatika dibahas materi tentang komponen sistem komputer, yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak, dan brainware.

Sistem Komputer adalah kumpulan perangkat-perangkat komputer yang saling berhubungan dan berinteraksi satu sama lain untuk melakukan proses pengolahan data, sehingga dapat menghasilkan informasi yang diharapkan oleh penggunanya. Perangkat yang ada di sistem komputer di antaranya hardware, software dan brainware.

Alur kerja sistem komputer dapat dianalogikan dengan sistem pencernaan manusia. Ketika lapar, manusia akan makan makanan yang tersedia, hal ini bisa dianalogikan sebagai masukan data bagi komputer.

Setelah masuk dari mulut,  kemudian makanan berjalan ke kerongkongan, dan seluruh kandungan yang ada dalam makanan seperti protein, karbohidrat, dan sebagainya akan dipecah  dan dipisahkan di lambung. Sama halnya ketika data sudah masuk, langkah selanjutnya akan diproses di alat pemprosesan.

Ketika makanan lepas dari lambung, selanjutnya, masuk ke usus halus. Sisa makanan yang tidak dapat diproses akan dibuang atau dikeluarkan. Proses yang sama terjadi ketika data  sudah diproses, selanjutnya, disimpan di alat penyimpanan. Setelah data selesai disimpan, hasilnya berupa informasi dapat dikeluarkan menuju ke alat  keluaran. Pada kesempatan kali akan dibahas mengenai perangkat keras (hardware) sebagai bagian dari sistem komputer.

Alur Sistem Komputer
Alur Sistem Komputer

Perangkat Keras (Hardware)

Hardware merupakan perangkat keras komputer yang kasat mata dan memiliki wujud fisik yang dapat diraba.

a. Perangkat Masukan (Input Device)

Perangkat Masukan atau input device adalah perangkat keras yang berguna untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer.

1) Mouse, yaitu alat yang digunakan sebagai penunjuk (pointing device) pada sistem operasi berbasis grafis untuk menjelajahi program, memilih perintah, dan menjalankan sebuah perintah. Di dalam penggunaan atau pengoperasian mouse, dikenal istilah-istilah sebagai berikut.

a) Tunjuk (point), yaitu membawa penunjuk mouse ke bagian yang dikehendaki pada suatu ikon, perintah, atau nama file.

b) Klik (click), yaitu menekan tombol mouse (sebelah kin) salu kali dan segera melepaskan.

c) Klik ganda (double click), yaitu menekan tombol mouse dua kali secara cepat tanpa menggeser mouse.

d) Geser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse dengan ditahan dan digeser.

e) Klik kanan (shortcut), yaitu penekanan tombol kanan mouse satu kali dengan cepat kemudian dilepas lagi.

2) Keyboard, yaitu perangkat input komputer untuk memasukkan data maupun perintah ke CPU berupa rangkaian huruf, angka, simbol dan tombol fungsi lainnya.

3) Scanner, yaitu merupakan alat pemindai suatu dokumen (teks), gambar dan sebagainya seperti mesin fotokopi. Hasil pemindaian mesin scanner ditampilkan pada monitor komputer dahulu, baru kemudian dapat diubah dan dimodifikasi, serta disimpan dalam memon komputer sebagai file, teks dokumen, maupun gambar.

4) Webcam (web camera),yaitu kamera kecil yang berfungsi sebagai input device gambar atau video. Webcam dapat digunakan untuk video call atau berkomunikasi sambil melihat lawan bicara secara langsung dan real time.

5) Microphone (mic), yaitu perangkat masukan yang digunakan untuk memasukkan data berupa suara.

6) Light pen, yaitu alat yang menyerupai pena. Alat ini dapat memancarkan sinar yang berguna untuk menulis langsung pada suatu layar monitor atau bidang datar khusus.

7) Barcode reader, yaitu alat yang digunakan untuk membaca barcode yang biasanya menempel pada produk makanan, minuman, dan sebagainya.

8) Layar sentuh (touch screen), yaitu layar monitor yang didesain atau dimodifikasi untuk dapat mengenali sentuhan pada permukaannya. Pengguna dengan menyentuh layar dapat memilih operasi atau memindahkan kursor.

b. Perangkat Keluaran (Output Device)

Output device atau biasa disebut perangkat keluaran adalah perangkat yang berguna untuk menampilkan pengeluaran sebagai hasil pengolahan data. Berikut beberapa macam perangkat keluaran komputer.

1) Printer, adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks, gambar, atau grafik pada kertas. Printer terbagi atas beberapa bagian sebagai berikut.

a) Picker, merupakan alat mengambil kertas dan tray

b) Tray, merupakan tempat menaruh kertas.

c) Tinta atau toner, yaitu alat pencetak sesungguhnya karena terdapat istilah tinta atau toner yang digunakan untuk menulis pada kertas.

2) Monitor, yaitu perangkat keluaran yang berupa tampilan visual, Monitor ada dua macam sebagai berikut.

a) Monitor CRT (Catoda Ray Tube), adalah monitor tabung yang memproduksi elektron RGB (Red Green Blue) untuk diproyeksikan ke layar sehingga tercipta gambar.

b) Monitor LCD (Liquid Crystal Display), merupakan monitor kristal air yang banyak digunakan pada komputer, laptop atau notebook, serta PC (Personal Computer). Ukurannya jauh lebih tipis dari monitor CRT, dengan layar yang datar jenis dan jumlah tombol-tombol sangat bervariasi, tergantung jenis dan merek monitor yang digunakan. Kualitas tampilan pada monitor dapat dilihat dari resolusi layar.

3) Speaker, yaitu perangkat keras yang menghasilkan keluaran yang berupa suara. Keluaran suara dari sound card akan diteruskan ke speaker untuk mengeluarkan suara dari sistem komputer. Jenis lain dari speaker adalah headset atau earphone.

4) Proyektor adalah alat yang berfungsi untuk memproyeksikan atau memancarkan data yang bersumber dari komputer, DVD player, televisi, atau media lain yang sudah dicetak. Di dalam penggunaannya perlu dilengkapi dengan screen projector, yaitu layar yang digunakan sebagai tempat dipancarkannya sinar LCD proyektor.

c. Perangkat Pemrosesan (Processing Device)

Process device adalah komponen-komponen di dalam komputer yang berfungsi untuk memproses data dan kemudian mengirimnya ke perangkat output setelah data selesai diproses.

Komputer menerima data melalui perangkat input. Setelah data diterima, data tersebut akan diproses oleh process device untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan oleh pengguna. Begitu pemrosesan data selesai, hasilnya akan langsung dikirim ke perangkat output.

CPU (Central Processing Unit) merupakan process device yang dianggap sebagai otaknya komputer. Selain laptop dan komputer desktop, banyak perangkat lain yang juga menggunakan CPU, seperti smart TV, HP, dan smart washing machine.

CPU terdiri atas tiga bagian fungsional sebagai berikut.

1) ALU (Anthmetic Logical Unit), berfungsi melakukan semua proses yang membutuhkan perhitungan matematika dan perbandingan secara logika.

2) CU (Control Unit) berfungsi untuk melakukan pengendalian semua peralatan lainnya.

3) Register, merupakan sebuah memori kecil dengan kecepatan yang sangat tinggi yang digunakan untuk menyimpan data sementara yang sedang diproses.

d. Perangkat Penyimpanan (Storage Device)

Storage device merupakan perangkat keras yang fungsi utamanya untuk menyimpan data. Berikut beberapa macam perangkat penyimpanan komputer.

1) Harddisk, yaitu media penyimpanan non-volatile artinya data tidak akan hilang apabila komputer dimatikan. Harddisk memiliki kapasitas hingga 1 Terrabyte dan akan terus bertambah seiring berkembangnya teknologi. Kapasitas harddisk yang umum digunakan untuk PC dengan prosesor pentium IV adalah 80-160 GB.

2) CD (Compact Disc), yaitu jenis piringan optik yang pertama kali muncul dengan pembacaan dan penulisan data pada piringan melalui sinar laser.

3) DVD (Digital Video Disc), yaitu teknologi piringan optik yang memiliki bentuk fisik seperti CD-ROM, tetapi memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar. DVD mempunyai kapasitas penyimpanan sebanyak 4,3 GB. Berdasarkan formatnya, DVD dikelompokkan menjadi DVD-R, DVD-RW, dan DVD-RAM.

4) Flash drive atau USB flash memory, yaitu alat penyimpanan data yang menggunakan teknologi Universal Serial Bus (USB). Flash drive mempunyai kapasitas penyimpanan yang relatif besar dibanding dengan CD dan hampir setara dengan harddisk hingga 1 TB dan akan terus bertambah seiring majunya teknologi.

5) Multi Media Card (MMC), yaitu alat penyimpanan yang berbentuk kartu. MMC ber- kapasitas ukuran berdasarkan bit digital, yaitu 16 GB, 32 GB, 128 GB, dan seterusnya. Untuk membaca/menyimpan data dibutuhkan alat pembaca (memory card reader).

e. Perangkat Tambahan (Peripheral Device)

Peripheral adalah perangkat keras yang ditambahkan ke PC untuk meningkatkan kemampuan sistem komputer. Perangkat yang digunakan untuk jaringan internet sebagai berikut.

1)  Modem, merupakan modul untuk mendapatkan sambungan internet melalui jalur telepon. Modem berasal dari singkatan modulator demodulator.

Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan. Sedangkan demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi dapat diterima dengan baik. Dari segi fisiknya, modem dibedakan menjadi dua, yaitu modem eksternal dan modem internal.

2) Kartu jaringan (Network Interface Card-NIC), yaitu kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke jaringan komputer. Kartu ini dapat mengubah, mengirim dan menerima data, dari dan ke jaringan.

3) Jaringan Nirkabel, dibutuhkan wireless network adapter agar komputer dapat menangkap, mengenali, dan menerima data dari dan ke jaringan tanpa kabel (wireless network). Dengan wireless network adapter, komputer mampu mendeteksi dan terhubung dengan jaringan wireless yang ada di sekitar.

Demikian materi tentang sistem komputer informatika kelas 8 SMP kurikulum merdeka. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan mengenai komponen sistem komputer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *